Jakarta, KompasOtomotif – Daya tarik sepeda motor tak hanya didapat dari fungsi sebagai moda transportasi, tetapi juga fashion, tren, dan hobi. Inilah yang memicu orang untuk membicarakan dan merekomendasikan sepeda motor tertentu kepada orang lain. Semakin jadi buah bibir, menandakan bahwa model tertentu semakin diterima masyarakat.
Inilah yang disurvei oleh lembaga riset Onbee Marketing Research dan majalah SWA. Hasil riset diimplementasikan dalam penghargaan yang diberi nama Word of Mouth Marketing (WOMM) 2015. Penganugerahan dilakukan di Intercontinental Ballroom, Hotel Mid Plaza, Jakarta, belum lama ini.
Sepeda motor apa yang paling banyak jadi buah bibir? Di kategori cubatau bebek, nama Honda Supra muncul sebagai yang paling banyak dibicarakan serta direkomendasikan. Rupanya image kuat sejak lama membuat sepeda motor yang berjuluk ”Rajanya Motor Bebek” mendapat apresiasi masyarakat.
Kategori Skutik, Honda masih berkuasa dengan munculnya nama Vario. Meski bukan menjadi pionir skutik, namun model ini menancap di hati masyarakat karena sukses mengakomodasi semua kepentingan, termasuk gengsi atau bahkan fashion.
Yamaha IndonesiaTerdapat tujuh ubahan utama dari model sebelumnya.
Sport bagaimana? Pemimpin pasar Yamaha V-ixion menyabetnya. Tak bisa dimungkiri, model ini cukup kuat menjadi bahan omongan karena sukses di pasar sebagai Sepeda Motor Sport terlaris di Indonesia. V-ixion juga menjadi pionir sepeda motor sport injeksi di Tanah Air.MetodaPenghargaan yang sudah dilaksanakan ke-7 kalinya sejak 2009 ini berdasarkan hasil survei, dilaksanakan pada periode Januari-Maret 2015, dengan jumlah responden mencapai 3000 orang, range usia 15-55 tahun, di area Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar, Semarang dan Denpasar.Skor fungsi WOM (advocacy Equity) terdiri dari tiga variabel yaitu talk(sejauh mana merek menarik untuk dibicarakan), promotion(bagaimana produk direkomendasikan secara positif), dan selling(bagaimana pembicaraan tentang produk yang direkomendasikan mampu mengkonversi orang lain untuk membeli produk).Ajang ini menjadi penghargaan bagi perusahaan-perusahaan yang berhasil menjalankan strategi promosi berupa mouth-to-mouth secara efektif sehingga tidak hanya dapat mempengaruhi dan mendapatkan calon pelanggan baru, tapi juga dapat mempertahankan loyalitas pelanggan lama.
Pasal Sumber : http://otomotif.kompas.com/read/2015/08/18/130100815/Daftar.Sepeda.Motor.yang.Jadi.Buah.Bibir